Doa Untuk Pengantin Sesuai Sunnah Nabi
- Lifestyle

Doa Pernikahan Bagi Tamu Yang Datang

Doa Pernikahan – Pernikahan adalah ibadah yang begitu suci dan mulia, di dalam agama islam sendiri pernikahan digambarkan dengan kata mitsaqan ghalizha, yaitu janji yang sangat agung.Pernikahan tidak hanya mempersatukan dua insan laki-laki dan perempuan saja, akan tetapi juga dengan kedua keluarga. Maka jelasklah, restu dan juga ridho dari kedua orang tua adalah sesuatu yang harus dipatuhi dan diperhatikan.Oleh karenanya, doa pernikahan yang paling penting adalah doa dari wali dari masing-masing mempelai agar berkahnya pernikahan yang dijalani. Semoga senantisa Allah Subhanahu wa ta’ala melimpahkan rahmatNya untuk kita semua.

Sebaik-baiknya doa, adalah doa yang sesuai sunnah yaitu sesuai tuntunan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Barangkali, diantara kita ada yang memberikan ucapan selamat kepada pengantin dengan ucapan doa pula.Meskipun ucapan untuk pernikahan pengantin baru tersebut mengandung doa didalamnya, masih menjadi kebiasaan orang pada umumnya memberikan ucapan doa di dalam bahasa Indonesia atau dengan bahasa inggris.Tidak salah, namun jika ada yang lebih baik. Maka kita ambil yang sebaik-baiknya tersebut, yaitu doa pernikahan untuk pengantin baru sesuai yang telah Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam ajarkan kepada umatnya.Setelah berjalannya bulan Syawal, kita jumpai kian berdatangannya undangan walimatul urs (pernikahan)

Undangan silih berganti menghampiri, mulai dari undangan tetangga, kakak tingkat, kerabat hingga teman sejawat. Dan mengenai hal ini, ada beberapa hal yang hendaknya diperhatikan oleh setiap kita, selaku orang yang diundang :

Syariat Islam yang begitu sempurna, mengatur setiap detail permasalahan kehidupan. Tak luput pula, mengenai hal adab ketika kita diundang. Diantara sunnah yang sering terlupakan ialah doa pernikahan bagi tamu yang datang. Diantara doa yang disunnahkan untuk dibaca ialah:

“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka” (HR. Ahmad IV/187-188).

“Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku”

 Demikian ulasan tentangdoa pernikahan bagi tamu yang datang semoga bermanfaat.