Waktu Terbaik Tes Kehamilan Setelah Berapa Hari Telat Haid
- Kesehatan

Waktu Terbaik Tes Kehamilan Setelah Berapa Hari Telat Haid?

Haid yang datang terlambat kerap dijadikan indikasi bahwa seorang wanita telah hamil. Harapan telah mengandung sangat besar, saat haid mereka kebetulan telat datangnya. Melakukan tes kehamilan merupakan cara terbaik untuk memastikan Anda sedang hamil atau tidaknya. Namun, waktu terbaik tes kehamilan setelah berapa hari telat haid seharusnya?

Waktu Ideal untuk Melakukan Tes Kehamilan

Menanti suatu hal yang sangat diinginkan, memang begitu menjemukan. Apalagi jika ini berhubungan dengan kepastian telah tumbuh atau tidaknya janin dalam kandungan Anda. Setelah melakukan hubungan intim, Anda tentu sudah sangat siap untuk melakukan tes kehamilan secepat mungkin, untuk memastikan berhasil atau tidaknya pembuahan.

Setelah melakukan pembuahan, ada baiknya Anda menunggu jadwal siklus haid berikutnya datang untuk melakukan tes kehamilan. Waktu yang dianggap ideal untuk melakukan tes kehamilan adalah saat haid telah telat datang selama 5 hingga 7 hari. Pada jangka waktu ini, hormon hCG yang dihasilkan plasenta sudah bisa dideteksi oleh alat tes kehamilan.

Jangan lupa juga untuk melakukan tes kehamilan ini di pagi hari, setelah Anda bangun tidur. Urine yang Anda produksi di pagi hari, mengandung konsentrasi hormon hCG yang lebih banyak dibandingkan waktu lainnya. Semakin tinggi kadar hormon hCG, maka akan lebih mudah bagi test pack untuk mendeteksi ada atau tidaknya janin dalam rahim.

Bolehkah Melakukan Tes Kehamilan Lebih Cepat?

Waktu ideal untuk tes kehamilan setelah berapa hari telat haid telah dijabarkan sebelumnya. Lalu, bagaimana dengan para wanita yang memilih untuk mengetes kehamilan lebih cepat, karena tak sabar menunggu hasil dari pembuahan yang dilakukan? Tentu saja tak ada larangan bagi siapa pun untuk melakukannya, namun terdapat risiko yang muncul dari keputusan ini.

Risiko yang sering kali muncul adalah hasil test pack yang salah. Ada dua bentuk kesalahan test pack, berupa false negative dan false positive. False negative merujuk pada hasil test pack yang negatif, namun sebenarnya Anda tengah hamil. Ini berbanding terbalik dengan false positive yang menunjukkan hasil positif pada test pack, namun ternyata Anda tak hamil.

Selain hasil salah, terlalu cepat mengetes kehamilan juga bisa membuat Anda merasa kecewa karena hasilnya yang tak sesuai harapan Anda. Apalagi jika Anda sudah sangat mengharapkan anak, namun ternyata hasil tesnya menunjukkan negatif. Anda bisa jadi lebih stres dan tertekan, sehingga keseimbangan hormon seks terganggu. Alhasil, akan lebih sulit untuk bisa hamil.

Banyak yang mengajukan pertanyaan seperti, waktu terbaik tes kehamilan setelah berapa hari telat haid. Idealnya, lakukan tes setelah 5 hari terlambat haid. Mengetes kehamilan terlalu cepat tak disarankan, karena hasilnya sering tak akurat. Jika penjelasan di atas terasa kurang, kunjungi magazine orami.co.id yang memuat banyak informasi mengenai hal ini.